Beberapa fakta tentang MERS yang perlu diketahui Jamaah Haji dan Umroh

Beberapa fakta tentang MERS

Beberapa fakta tentang MERS

MERS atau Middle East Respiratory Syndrome merupakan penyakit mematikan pada saluran pernafasan yang belum ada obat dan Vaksinnya. Namun upaya pencegahan tetap bisa dan harus kita lakukan seperti dengan betul-betul menjaga kebersihan para jamaah haji dan umroh selama di Tanah Suci.

Terutama untuk tidak terlalu dekat dengan unta demi menghindari MERS CoV karena unta diketahui menjadi medium penyebaran dan 70% unta di timur tengah positif MERSMERS CoV ini dapat dicegah.

Beberapa fakta tentang MERS yang perlu kita ketahui adalah sebagai berikut:

MERS adalah virus corona

MERS mirip dengan penyakit SARS (Severe Acute Respiratory Syndrome) yang berasal dari Flu biasa.

Gejala MERS

Gejala yang timbul dari infeksi MERS adalah demam, batuk, napas pendek, mual, muntah, dan diare.

MERS berasal dari unta

Para ilmuwan menemukan fakta bahwa hampir tiga perempat unta di Arab Saudi dinyatakan positif MERS. Unta impor asal Sudah dan Afrika juga diduga positif virus MERS. Lalu ditemukan juga pada kelalawar yang hidup di Arab Saudi. WHO masih melakukan penelitian mendalam bagaimana penularan MERS dari hewan ke manusia bisa terjadi.

Penyebaran MERS

Secara umum virus MERS menyebar diantara mereka yang melakukan kontak langsung. Sebagai contoh pada pasien yang sudah terinfeksi dapat menyebarkan virus kepada para tenaga medis yang sedang menanganinya. Tetapi virus tidak dapat dengan mudah menyebar begitu saja, misalnya saat jalan-jalan dipusat perbelanjaan.

Pencegahan MERS

Sampai saat ini belum ada obat-obatan atau vaksin untuk mengatasi MERS. Namun, dokter bisa mengobati gejala MERS yang muncul pada seseorang, seperti kesulitan bernafas atau demam.

Sumber: Liputan6(dot)com

Speak Your Mind

*

Related Post!!close