Cara Mudah Melakukan Umroh

Cara melakukan umroh

Cara Mudah Melakukan Umroh

Cara melakukan umroh

Cara melakukan umroh

Cara melakukan Umroh sebenarnya sangatlah mudah dalam artian bahwa tidak ada yang susah dan tidak banyak serta rumit. Memang bagi yang belum pernah Umroh ada sedikit kebingungan apalagi kalau sudah bergabung dengan jamaah yang tidak sedikit juga daerah yang asing. Begitu bergabung dengan jamaah dari seluruh dunia juga ditempat asing yang kita tidak tahu arah, biasanya kita agak bingung dan sedikit tegang. Banyak yang dipikirin. Dengan banyaknya yang dipikirin kita jadi lupa cara melakukan umroh.

Disini kita akan jelaskan bahwa cara melakukan umroh sebenarnya sangatlah simple. Ketahuilah bahwa prosesi ibadah umroh hanya ada empat agenda kegiatan:

  1. Memakai pakaian ihram atau ihrom
  2. Thawaf di Ka’bah dengan tujuh putaran
  3. Melakukan ibadah Sa’i
  4. Apabila anda selesai melakukan Sa’i, maka cukurlah rambut anda dengan bersih.

Sangat sederhana dan mudah bukan? Saya ulangi, 1. memakai pakaian ihram, 2. Thawaf di Ka’bah, 3. melakukan Sa’I, dan terakhir 4. cukurlah rambut dengan bersih. Semua rangkaian ibadah ini bisa selesai dalam satu hari. Ya.. dalam satu hari. itulah ibadah umroh, selesai dalam satu hari.

Terus kalau ibadah umroh bisa selesai dalam satu hari, buat apa sisa waktu yang ada? Kita tahu paket umroh biasanya ada 9 hari, ada yang 15 hari bahkan ada yang satu bulan penuh!!

Ingat!!! Sholat di Masjidil Haram pahalanya 100.000 kali dibanding  sholat ditempat lain dan sholat di Masjid Nabawi pahalanya 1000 kali dibanding yang lain.

Dalilnya:

Rasullullah Shallallahu ‘Alaihi Wasalam bersabda: “Shalat di Masjidku ini lebih utama daripada seribu shalat di masjid lainnya kecuali Masjidil Haram dan Shalat di Masjidil Haram itu lebih utama daripada seratur ribu shalat di masjid lainnya.”

Jadi jelaslah bagi kita apa yang mesti dilakukan selama di tanah haram ini. Selagi di Mekkah usahakan sholat lima waktu selalu berjamaah di Masjidil Haram. Selebihnya kita bisa slolat sunnah, baca Al-Qur’an juga kita bisa Thawaf. Ini bisa kita lakukan kapanpun kita mau, sehingga selama disana tidak ada kegiatan lain kecuali mendekatkan diri sedekat-dekatnya kepada Allah. Nyaman sekali disana, Antum bisa buktikan sendiri!!

Selain ibadah di Masjidil Haram kita juga dianjurkan untuk berkunjung ke Masjid Nabawi sebagaimana keutamaan yang disebutkan diatas. Juga hadits berikut:

Rasullullah Shallallahu ‘Alaihi Wasalam bersabda: “Bepergian itu tidak diperintahkan dengan sangat kecuali ke tiga masjid, Masjidil Haram, Masjidku ini, dan Masjid Aqsa.”

Disamping itu di Masjid Nabawi ada Raudhah (taman) mulia sebagaimana  Sabda Rasullullah Shallallahu ‘Alaihi Wasalam:

“Di antara rumahku dengan mimbarku terdapat salah satu Raudhah (taman) dari taman-taman surga.”

Oleh karena itu, mengunjungi Masjid Nabawi untuk shalat di dalamnya adalah ibadah dan seorang muslim boleh menjadikan sebagai tawassulnya kepada Allah sehingga Allah Ta’ala memenuhi kebutuhannya dan memberikan keridhaan kepadanya.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>