Rukun Umroh : Prosesi wajib dalam Ibadah Umroh

Tahallul

Tahallul

Rukun Umroh adalah rangkaian ibadah yang wajib dilakukan dalam pelaksanaan Umroh. Ibadah Umroh tidak sempurna kecuali dengan menyempurakan semua rukun Umroh. Jika salah satu dari rukun-rukun Umroh tersebut tidak dikerjakan, maka Ibadah Umroh nya tidak sah.

Rukun Umroh ada tiga yaitu:

  1. Ihram
  2. Thawaf dan
  3. Sa’i

Rukun Umroh yang pertama adalah Ihram, yaitu: niat melakukan ibadah umroh dengan mengucapkan talbiah dan diharuskan mengenakan pakaian Ihram. Ihram ini dilakukan setelah sampai di miqot. Bagi laki-laki talbiah dibaca dengan keras sedangkan bagi wanita mengucapkannya dengan suara pelan. Selama ihram ini perbanyaklah bacaan talbiah, dzikir dan istighfar.

Thawaf adalah berjalan mengelilingi Ka’bah sebanyak tujuh putaran. Apabila anda telah sampai di Makkah lakukan Thawaf di Ka’bah sebanyak tujuh putaran dimulai dari Hajar Aswad dan berakhir di Hajar Aswad pula.

Sa’i adalah berjalan diantara Shafa dan Marwah pulang pergi sebanyak tujuh kali dengan niat Ibadah. Dimulai dari bukit Shafa menuju bukit Marwah (dihitung satu kali) dilanjutkan ke bukit Shafa (dihitung satu kali) sehingga yang ketujuh akan berakhir di bukit Marwah. Ibadah Sa’i diakhiri dengan Tahalluh atau potong rambut.

Dengan dilakukannya tahallul maka berakhirlah rangkaian ibadah Umroh, dan selanjutnya anda boleh melakukan hal-hal yang tadinya menjadi larangan Ihram.

Rukun-Umroh

Rukun-Umroh

Sangat sederhana sekali, kita harus paham amalan ini sehingga kita bisa beribadah dengan tenang dan khusu’. Walaupun inti ibadah sangat sederhana, kita masih perlu jamaah, rombongan, atau teman yang menemani perjalanan umroh kita. Kalau kita punya pasangan bawalah pasangan kita, semoga semuanya akan menjadi baik.

Bagi yang tidak mau repot ngurusin passport, tiket, akomodasi selama disana kami sarankan gunakan jasa travel umroh. Banyak sekali travel umroh, yang perlu diperhatikan dalam memilih jasa travel umroh adalah sejauh mana komitmen travel umroh tersebut dengan ibadah umrohnya tersebut. Sejauh mana perhatian mereka terhadap pengamalan ibadah umroh sesuai sunnah.

Dengan pertimbangan tersebut kami merekomendasikan travel haji “Medina Wisata” silahkan anda bisa baca disini!

 

Memerlukan Travel Haji dan Umroh Sesuai Sunnah?

Kami dari Medina Wisata Travel siap mengantarkan Jamaah Haji dan Umroh secara profesional dan sesuai Sunnah. Kami Siap Berikan Layanan Terbaik Untuk Anda!

Untuk informasi lebih lanjut silahkan Hubungi Kami:

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>