Tauhid adalah Tempat Berlindung Bagi Semua Makhluk

Tauhid adalah Tempat Berlindung Bagi Semua Makhluk, sekaligus Benteng dan Penolong Mereka

Tauhid bisa menjadi tempat berlindung bagi musuh-musuh Allah sekaligus menjadi tempat berlindung bagi para pembela-NYA. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

Tauhid adalah tempat berlindung bagi musuh-musih-NYA; yakni tauhid dapat menyelamatkan orang-orang musrik dari segala kesulitan dan malapetaka dunia sebagaimana firman Allah subhanahu wata’ala yang artinya:

“Maka apabila mereka naik kapal, mereka berdo’a kepada Allah dengan penuh rasa pengabdian (ikhlas) kepada-NYA, tetapi ketika Allah menyelamatkan mereka sampai ke darat, malah mereka (kembali) mempersekutukan (Allah).” QS. Al-Ankabuut: 65

Adapun perlindungan bagi para pembela-NYA; yakni tauhid bisa menyelamatkan orang yang beriman dari segala kesulitan dan malapetaka dunia akhirat.

Kaum beriman pengikut para Rasul yang bertauhid; mereka diselamatkan dari kekejaman orang-orang musrik di dunia dan dari adzab yang disiapkan untuk kaum musrik tersebut di akhirat.

Demikian sunatulah yang ditetapkan bagi para hambanya-NYA. Tidak ada senjata yang lebih ampuh untuk menolak kesulitan-kesulitan di dunia selain tauhid. Oleh karena itulah, berdo’a ketika dilanda kesedihan mengandung makna tauhid. Kita ingat do’a yang dimohonkan oleh Nabi Yunus. Apabila do’a tersebut dibaca oleh orang yang sedang kesulitan niscaya Allah subhanahu wata’ala akan menghilangkan kesulitan itu, dikarenakan tauhidullah yang terkandung di dalamnya.

Jadi tidak ada sesuatu yang dapat menjerumuskan seseorang kedalam kesulitan besar selain kemusrikan. Sebaliknya, tidak ada sesuatu yang dapat menyelamatkan seseorang dari kesulitan besar melainkan Tauhid saja.

Diambil dari: Fawaidul Fawaid karya Ibnul Qoyyim Al-Jauziyyah

 

Speak Your Mind

*

Related Post!!close