Liburan Sekolah: Isilah Dengan yang Bermanfaat!!

Liburan Sekolah: Isilah Dengan yang Bermanfaat!! Umroh Liburan Sekolah

Liburan sekolah ………….!

Liburan Sekolah

Liburan Sekolah

Liburan sekolah adalah saat yang ditunggu-tunggu, saatnya anak-anak melepaskan penatnya belajar, saatnya bebas dari segala beban dan tugas-tugas di sekolah.  Biasanya liburan sekolah  kita manfaatkan untuk bepergian,  berkunjung ke tempat saudara, atau juga  memanfaatkannya untuk sekedar jalan-jalan agar badan dan pikiran segar lagi.

Berbicara jalan-jalan atau wisata banyak sekali pilihan yang ada, sesuai dengan kesempatan dan budget yang disediakan.  Sekedar jalan-jalan di dalam kota sekitar kita, ke  luar kota, luar pulau bahkan bisa juga bepergian ke luar negeri.

Satu hal penting yang harus  kita pertimbangkan dalam memilih tujuan wisata, adalah apakah yang dapat kita peroleh dari tempat tujuan wisata kita. Sering terlupakan, apa dampak moral yang diperoleh dari tempat wisata yang kita kunjungi bagi anak-anak kita? Seringkali kita lihat beberapa tempat wisata yang justru menyuguhkan hal-hal  berdampak negatif pada anak-anak kita, disadari atau tidak!Kita harus lihat norma-norma dalam agama kita. Jangan sampai tempat tujuan kita berefek buruk buat akhlak dan perilaku kita.

Trend yang sedang berkembang saat ini adalah bepergian keluar negeri.  Wah rasanya kalau kita sudah membawa anak-anak ke luar negeri.  Demikian juga dengan anak-anak, dengan bangganya dia akan menceritakan liburan sekolah nya ke luar negeri di hadapan teman-temannya.

Tapi……., kita harus waspadai ini, apakah hal ini baik buat kita? buat agama kita?

Mari kita simak tulisan berikut, yang merupakan tulisan Syaikh Muhammad Al-Utsaimin dalam bukunya “Syarah Tsalatsatul Ushul” versi Indonesia

Hukum Bepergian (safar) ke negeri-negeri Kafir

Bepergian (safar) ke negeri-negeri kafir (kaum kuffar) tidak diperbolehkan, kecuali dengan tiga syarat:

  • Harus mempunyai Ilmu untuk menolak syubhat (keraguan, kesamaran)
  • Harus mempunyai agama yang dapat membentengi diri dari syahwat.
  • Jika memang diperlukan.

Jika ketiga syarat ini belum terpenuhi, maka tidak diperbolehkan melakukan bepergian atau safar ke negeri-negeri kafir (kaum kuffar). Mengingat, dalam hal ini akan terjadi fitnah atau dikhawatirkan akan terjadi fitnah, disamping terjadi penghamburan harta. Sebab, untuk melakukan safar ini seseorang harus mengeluarkan biaya yang cukup banyak.

Adapun jika ada kepentingan untuk itu, dalam rangka berobat atau menimba ilmu yang tidak ada di negeri sendiri, sementara ada ilmu dan agama sebagaimana diuraikan diatas, maka tidak mengapa melakukan bepergian atau safar ke negeri-negeri kaum kuffar itu.

Sedangkan bepergian atau safar dengan tujuan wisata ke negeri-negeri kaum kuffar, maka ini namanya bukan kepentingan, karena masih ada alternative untuk berkunjung ke negeri-negeri Islam yang penduduknya masih memelihara syiar-syiar Islam. Negeri kita ini (negerinya penulis, Syaikh Muhammad Al-Utsaimin), Alhamduilllah, sudah menjadi negeri wisata untuk beberapa wilayah. Maka tempat-tempat itu dapat dikunjungi untuk mengisi masa liburan.

Lebih-lebih bermukim di negeri-negeri kaum kuffar, maka bahayanya akan lebih besar lagi terhadap agama seorang muslim, juga terhadap akhlak, perilaku dan moralnya. Kita menyaksikan adanya penyimpangan yang dilakukan oleh kebanyakan orang-orang yang tinggal disana, dan ketika mereka kembali, keadaan mereka tidak sebagaimana ketika mereka pergi. Mereka pulang ke tanah air dalam keadaan fasik, dan ada sebagian dari mereka yang kembali dalam keadaan murtad dari agamanya, mengkufuri agamanya dan juga mengkufuri seluruh agama yang ada –wal”iyadzubillah-, sehingga mereka menjadi manusia atheis tulen dan suka memperolokkan agama dan para penganut agama, baik terhadap orang-orang terdahulu maupun terhadap orang-orang berikutnya. (kutipan selesai).

Ternyata….

Bagaimana kalau umroh saja?

Umroh-alternatif-liburan-sekolah

Umroh-alternatif-liburan-sekolah

Ya… Umroh Liburan Sekolah. Kelihatannya ini ide yang sangat baik untuk mengisi liburan sekolah dengan umroh, kita bisa tahu pusat agama Islam, kita bisa lihat Ka’bah dari dekat bahkan bisa mencium Hajar Aswad (Insay Allah). Kita bisa tahu banyak tentang masjidil Haram dan Masjid Nabawi. Dan yang paling penting kita dapat pahala Umroh.

Yang mau mengisi liburan sekolah dengan ibadah Umroh mesti baca yang ini!!

Ingatkah ada sebuah hadits:

“Larangan bepergian dengan mengharap berkah kecuali tiga tempat yaitu: masjidil Haram, masjidil Aqsya dan Masjid Nabawi”

Comments

  1. Tanya Kaplan umroh liburan Dan brp harganya?

  2. Kapan tgl umroh liburan sekolah Dan Kira Kira brp biayanya?

Speak Your Mind

*

Related Post!!close