Manasik Haji. Prosesi Ibadah Haji di Kota Mekkah

Manasik-Haji-Sesuai-Sunnah

Manasik-Haji-Sesuai-Sunnah

Manasik haji adalah rangkaian prosesi ibadah haji di kota suci Mekkah. Manasik haji ini harus diikuti dengan benar sesuai sunnah Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasalam agar sempurna amal ibadah kita. Diperlukan pengetahuan yang cukup agar bisa paham cara pelaksanaan manasik haji yang benar.

Seorang jamaah haji kebingunan dan tidak tahu apa yang mesti dikerjakan selama melaksanakan ibadah haji jika belum mengetahui dan memahami cara pelaksanaan haji dengan benar. Apalagi disana suasananya sangat berbeda, kondisi jamaah yang sangat banyak dan krodit akan menjadi masalah tersendiri bagi jamaah. Boro-boro memikirkan bagaimana pelaksanan haji yang benar, wong lagi pusing memikirkan rombongan, juga daerah yang belum dipahami betul. Sehingga tidak jarang banyak jamaah yang kesasar atau kebingungan karena tidak tahu medan.

Disinilah pentingnya peran pembimbing ibadah haji. Mereka akan mengarahkan para jamaah agar bisa melakukan ibadah haji dengan benar. Mereka juga akan mengurusi segala sesuatunya untuk kita, mulai dari pelaksanaan ibadah, masalah makan, tempat tinggal terus kita selanjutnya mau ngapain semua sudah diurus oleh pembimbing haji. Jika sudah begitu, kita para jamaah tinggal konsentrasi pada ibadah sehingga diharapkan ibadah kita akan lebih khusu’.

Manasik-Haji

Manasik-Haji

Sebelum pelaksanaan ibadah haji di tanah suci, para jamaah juga akan dibimbing secara teori dan praktek bagaimana manasik haji yang benar sesuai sunnah. Para jamaah juga akan dibekali informasi selama di tanah suci, seperti jadual, terus peta atau tempat-tempat ibadah. Persiapan mental juga akan diberikan sehingga para jamaah bisa membayangkan dan bisa mengantisipasi situasi yang terkadang tidak kita inginkan. Kita harus sabar, toleran dan sikap-sikap lainnya sehingga keikhlasan terjaga.

Mencari Pembimbing Haji

Carilah pembimbing haji yang terpercaya dan komitmen terhadap pelaksanaan sunnah. Sebagaimana diuraikan diatas bahwa semua urusan sudah ada yang mengatur sehingga kita harus tahu betul pembimbing kita bisa dipercaya secara professional dan pengamalan ibadah sesuai sunnah. Kalau semua ini terpenuhi insya Allah kita melaksanakan ibadah haji ini dengan nyaman, khusus dan Haji yang mabrur semoga bisa kita dapatkan, amin.

Speak Your Mind

*

Related Post!!close